Taksasi Hasil Berdasarkan Ubinan



Metode ubinan adalah cara memperkirakan berapa hasil panen nanti untuk tanaman yang bersifat atau tergolong berumpun. 

Kegiatan ini dilakukan agar dalam menghadapi pelaksanaan panen dan pasca panen tidak mengalami permasalahan, seperti kelengkapan peralatan panen, rencana pengangkutan hasil panen, penanganan lepas panen dan kemana serta berapa banyak hasil produksi akan dipasarkan. 

Metode ini biasa dilakukan oleh petani tanaman pangan (padi). 
Sesungguhnya yang perlu diperhatikan adalah mengapa untuk mentaksasi hasil tanaman padi dilakukan dengan metode berdasarkan ubinan. 

Kalau diperhatikan bahwa tanaman padi adalah tanaman rumpun dengan jarak yang tidak mudah dipisahkan antara tanaman satu dengan lainnya. Oleh karenanya untuk tanaman yang memiliki sifat rumpun seperti halnya tanaman padi dapat dilakukan taksasi hasil berdasarkan ubinan. Misalkan tanaman jagung, ubi jalar, tomat sayur dsb. 

Sekalipun demikian juga dapat pula diterapkan terhadap tanaman yang tidak berumpun. Permasalahannya adalah akan sangat sulit bila tanaman tersebut memiliki jarak tanam yang cukup besar. Oleh karena itu billa tanaman tidak berumpun namun jarak tanamnya relatif pendek/sempit bisa juga dilakukan taksasi hasil produksi dengan metode berdasarkan ubinan. Misalkan tanaman cabe, terong, tomat buah dan lainnya. 


Materi lebih lengkap bisa didownload DISINI

Komentar

Postingan Populer