EM4 adalah bakteri starter


Apakah anda sudah tau apa itu EM4 atau bakteri starter ? Kalian pasti sering mendengar istilah EM4 dan bahkan sudah pernah melihat botol contohnya, tapi apakah yang dimaksud dengan em4 itu sendiri ?

tulisan berikut ini akan menjelaskan tentang em4 dan kegunaannya secara umum.
EM4 yaitu adalah bakteri mikroba hasil dari fermentasi perubahan zat glukosa menjadi bakteri. atau bakteri yang terbuat dari zat yang mengandung glukosa atau gula dan dapat dibuat dengan bahan : molases (tetes tebu), gula pasir, gula jawa, air nira atau badeg, air kelapa, dll. 

EM4 ini adalah salah satu jenis larutan yang mengandung bakteri antara lain bakteri dekomposer yang berfungsi sebagai pengurai bahan organik secara alami didalam tanah. Oleh sebab itu sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pupuk organik.
Jenis-jenis Em4 bisa saja dalam bentuk yang bermacam-macam tergantung dari produsen/pabrik yang membikin produk dan diberi label dengan produk mereka seperti STO (solusi tani organik) dan produk sejenis lainnya. 

Berikut kegunaan dari EM4 :
1.dapat untuk membuat bokashi atau pupuk fermentasi
   yaitu bakteri dapat digunakan sebagai bakteri untuk fermentasi pupuk organik atau abokasi karena dalam pembuatan pupuk organik kan ada fermentasi nah EM4 ini sebagai bakteri dalam proses fermentasi tersebut.

2. dapat mengurangi bau amoniak dalam kotoran ternak

   dengan cara menambahkan EM4 kedalam minuman atau makanan ternak maka bau kotoran dari ternak tersebut otomatis akan berkurang karena bakteri dalam EM4 akan mengurai makanan yang ada dalam perut hewan ternak menjadi sempurna maka dari itu kotoran ternak tidak bau

3. dapat untuk membuat pupuk cair

seperti yang saya jelaskan yang jelaskan dalam pembuatan pupuk abokasi yaitu akan membantu dalam proses fermentasi karena bakteri dalam EM4 yang akan mengurai bahan di dalam pupuk

4. sebagai penghilang bau selokan

mungkin kedengarannya lucu tapi ini lah kenyataannya karena bakteri dalam EM4 akan mengurai dari sampah hasil sisa makanan maka dari itu selokan tidak bau

Komentar

Postingan Populer