Membuat ZPT Jenis AUKSIN

Sebagaimana yang sudah kita jelaskan di artikel sebelumnya, zat pengatur tumbuh terbagi atas beberapa jenis yaitu auksin,sitokinin,giberelin, asam absisat dan etilen. Pada kesempatan ini  kita akan lebih khusus untuk membicarakan auksin. Cara pengaplikasian /penggunaan auksin antara lain sebagai berikut :

1. Perkecambahan biji. Auksin akan mematahkan dormansi biji (biji tidak mau berkecambah) dan akan merangsang proses perkecambahan biji. Perendaman biji/benih dengan Auksin juga akan membantu menaikkan kuantitas/jumlah hasil panen.

2. Pembentukkan akar. Penggunaan Auksin akan memacu proses terbentuknya akar serta pertumbuhan akar dengan lebih baik.

3. Pembungaan dan pembuahan. Auksin akan merangsang dan mempertinggi prosentase timbulnya bunga dan buah.

4. Mendorong Partenokarpi. Partenokarpi adalah suatu kondisi dimana tanaman berbuah tanpa fertilisasi atau penyerbukan sehingga dapat menghasilkan buah tanpa biji.

5. Mengurangi gugurnya buah sebelum waktunya. Dengan cara diaplikasikan ke tanaman akan mencegah buah jatuh.

6. Mematahkan dominansi pucuk / apikal, yaitu suatu kondisi dimana pucuk tanaman atau akar tidak mau berkembang.

MEMBUAT AUKSIN

Petani dapat membuat sendiri larutan yang mengandung Zat Pengatur Tumbuh dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarnya. Berikut ini beberapa resep praktis dalam pembuatan auksin, sitokinin dan giberelin. Pada kesempatan ini kita akan mencoba membuat sendiri zat pengatur tumbuh jenis auksin dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada disekitar kita.

Bahan :

- 1 Kg Keong mas / Bekicot,

- 5 Liter Air, pergunakanlah air yang bersih

- 1 Kg Gula pasir/ tetes tebu,

- 1 gelas EM4

Cara Pembuatan :

Keong mas/bekicot direbus dengan air sampai mendidih kemudian diambil dagingnya, cangkang dibuang. Setelah dingin, masukkan EM4, aduk dan campur sampai rata. Masukkan dalam wadah, tutup dengan plastik lalu ikat dengan karet. Simpan dan letakkan pada tempat yang teduh biarkan selama 12-15 hari.

hasilnya nanti daging keong mas akan hancur dan yang tersisa hanyalah berupa larutan encer dengan endapan didasar wadah. Larutan ini mengandung auksin yang bisa kita gunakan untuk tanaman kita.

Komentar

Postingan Populer